Mengenai Saya

Welcome

Di blog Wisnu Adityawarman,, blog simple yang berisi kumpulan data perkuliahan yang saya pelajari di bidang Administrasi Negara..

Untuk Teman2 yang ingin berbagi data atau yang ingin meng-copast artikel yang ada dalam blog ini, diharapkan mencantumkan alamat permalink yang saya miliki.. Dengan format.. adityawarman, wisnu, tahun, judul artikel, permalink.

Contoh : Adityawarman, Wisnu, 2010, Privatisasi BUMN, diunduh dari http://wisnuadityawarman.blogspot.com/2010/09/04/privatisasi-bumn/

thank u

Cari Blog Ini

Minggu, 03 Oktober 2010

DKI Jakarta mau dipindah?!!

Baru – baru ini bayak berita tentang pemindahan Ibukota Indonesia, DKI Jakarta kemungkinan tidak lagi menjadi daerah Ibukota Indonesia. Peningkatan jumlah penduduk yang kian melimpah di setiap tahunnya membuat Jakarta semakin padat akan penduduk, bangunan, bahkan kendaraan. Disetiap hari, pagi sampai malam harinya, jalan raya Jakarta selalu di padatkan oleh kendaraan – kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. Belum diketahui dengan pasti mengenai daerah mana yang pantas dijadikan sebagai pengganti DKI Jakarta yang nantinya daerah tersebut akan menjadi pusat dari Negara Indonesia.

Perlunya Pembenahan Sistematis. Membaca kebutuhan mendesak bagi pengelolaan Kota Jakarta yang kondusif tidak harus melupakan kepentingan kota-kota lain di Indonesia. Jika Ibukota negara lain atau Kota-kota Besar di negara lain dapat diberi status 'megalopolis' atau 'metropolis' bukan bangsa tersebut tidak memiliki sistem kelembagaan pemerintahan kawasan perkotaan. Mereka telah merancangnya bersama dengan system pemerintahan daerahnya secara baik. Status yang dibutuhkan Jakarta dengan kekhasannya melalui 'megapolitan' ini jangan hanya menyelesaikan sesaat persoalan Jakarta. Tetapi dalam jangkauan yang panjang pun masih diharapkan mampu mengatasi persoalan yang akan muncul. Visi seperti ini tidak mungkin diwujudkan tanpa pembenahan kota-kota lain di Indonesia. Bukan tidak mungkin jika kehebatan Jakarta dengan Megapolitan nanti, akan lebih banyak mengundang pendatang lagi dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Persoalan sosial-ekonomi pun akan muncul lebih dahsyat kembali.

Kabar miring terakhir yang sempat meresahkan, bahwa ditargetkan 5 tahun kedepan Jakarta akan tenggelam, hal ini diakibatkan karena banyaknya bangunan – bangunan mewah nan megah yang pada akhirnya merusak lapisan bawah di tanah Jakarta. Faktanya, sekarang – sekarang ini Jakarta sering kali dilanda banjir, apabila benar 5 tahun kedepan Jakarta akan tenggelam, maka bagaimana cara untuk mengantisipasikannya? Apakah wacana pemindahan Ibukota itu harus secepatnya dilaksanakan? Dimana pantasnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar